Biografi Ras Muhammad

 Biografi Ras Muhammad

  *"Ras Muhamad" terlahir dengan nama"Muhammad Egar", lahir 29 Oktober 1980 di Jakarta, anak tunggal pasangan Rivai seorang dokter akupuntur dan Wening seorang pegawai negeri sipil di Departemen Luar Negeri, setelah menamatkan pendidikan dasar di Jakarta, dia hijrah mengikuti sang Ibu ke Amerika karena kebetulan waktu itu ditugaskan di sana.
*Nama Ras Muhammad sendiri dia dapatkan ketika dia berada di Brooklyn, Ras yang berarti bung ( kosa kata bahasa Jamaika ) dan akar kata dari Rastaman yang berarti orang yang telah memahami filsuf atau ajaran Rastafari, bisa diartikan juga sebagai Prince atau putra bangsawan ( dalam bahasa Amharik - Ethiopia ), sedangkan nama Muhammad nya sendiri dari awalan nama lahirnya, dan dari situlah akhirnya Muhammad Egar lebih tenar dan terkenal dengan nama Ras Muhammad.
*Pada tahun 2003 menjelang kepulangannya ke Indonesia Ras Muhamad banyak bersentuhan dengan musisi reggae asal Jamaica di Brooklyn, dan sewaktu SMA dia pernah membuat band dan untuk pertama kalinya di nyanyi di Queens New York, Ras menyebut jenis musik"Reggae" yang dia bawakannya sebagai"Dancehall" yaitu sebuah perpaduan reggae dan hip-hop, ia juga banyak belajar musik reggae dari musik yang dimainkan"Bob Marley", bukan hanya belajar tentang musiknya saja dia juga mempelajari filosofi reggae itu sendiri, Ras Muhammad sangat identik dengan nyanyian-nyanyian rakyat karena itu menurutnya musik reggae akan kehilangan rohnya jika mengabaikan atau masa bodoh dengan ketidak adilan, penindasan, dan ketimpangan sosial.
*Sebagai seorang musisi reggae dia sangat gencar mengkampanyekan anti kekerasan dan penindasan dan bukan hanya lewat lagu tapi lewat media sosial juga tak jarang dia berusaha untu melawan kekuasaan yang hanya membuat sengsara saja.
*Selain itu Ras Muhamad juga banyak belajar untuk menyelami filosofi dari musik"reggae" dan ajaran-ajaran dari ideologi rastafari, karena itu setiba di Indonesia Ras berusaha merekonstruksi pikiran orang mengenai musik reggae, musik reggae dan rambut gimbal tidak identik dengan yang namanya narkoba, ganja, minuman keras dan gaya hidup santai tak tentu arah.
*Di mata masyarakat sering terjadi kesalah pahaman, mengaitkan musik reggae dan rastafari dengan drugs, musik reggae bukan hanya sebatas musik pantai dengan panorama pohon kelapa, atau pun musik yang tidak terlalu memikirkan masa depan, menurut dia musik reggae mengandung ajaran-ajaran moral, semangat perjuangan, kehidupan dan kesederhanaan, begitu juga dengan paham rastafari sendiri sungguh sangat menjunjung tinggi kebersihan, kerapihan dan religiusitas.
*Citra negatif yang menempel lekat pada musik dan musisi reggae itu pun berdampak sama terhadap para penggemar musik reggae sendiri yang sudah di cap dan dikonotasikan dengan narkoba dan kriminalitas.
*Ras Muhammad dalam segi pemikrannya banyak mengadopsi dan terinspirasi oleh tokoh-tokoh dunia seperti Pemimpin perjuangan Ethiopia Haile Selassie yang punya pemikiran yang progresif, mempromosikan multilateralisme, kolektifisme dan menentang feodalisme, tak jarang Ras juga mengawinkan ideologi dari ajaran Rastafari dengan ajaran dari mantan pemimpin kita Bung Karno yang sama-sama punya dasar prinsip yang sama yaitu anti perbudakan.
*Sosok Ras Muhammad dalam segi warna musik reggae yang diusungnya tidak hanya dekat dengan dengan musisi ataupun jenis musik yang sama saja, dia juga berusaha untuk menyatukan genre reggae dengan genre lainnya seperti punk misalnya, terbukti pada tahun 2013 dia berkolaborasi dengan"Superglad" lewat album milik superglad sendiri yang berjudul"Berandalan Ibu Kota" dan pada kesempatan itu pula Ras membawakan sebuah judul lagu yang berjudul"Satu Jiwa Satu Nyawa". Di pentas lainnya, seperti di Festival Musik Wake Skate&Music yang diadakan Rip Curl 25-26 Januari 2014, Ras berkolaborasi dengan"Nath The Lions" dengan membawakan single yang berjudul"Let Your Light Shine.
*Sejumlah tur dunia yang pernah dilakoninya, membuktikan keberadaan Ras Muhamad di belantika Musik Internasional termasuk aktualisasi diri dan kepekaan sosial Ras sebagai"Duta Reggae Indonesia. Dan sebagai bentuk nyatanya pada 17 Februari 2013 silam Ras pernah meluncurkan sebuah buku yang berjudul Negeri Pelangi yang mana dalam buku tersebut dia menulis dan menceritakan sendiri, perjalanannya selama berada di negara Ethiopia dimana pertama kali musik reggae muncul.
*Di bulan Mei 2014 mendatang Ras akan merilis album baru yang rencananya di album barunya tersebut Ras akan menggandeng dan berkolaborasi dengan musisi dari Jamaika, dan akan dirilis oleh label dari Jerman. Bagi Ras Muhammad sendiri album barunya tersebut bukan hanya merupakan suatu lompatan besar dalam karirnya tapi juga sebagai tanda kalau musik reggae bisa sejajar dengan genre musik lainnya.
Intinya Reggae bukan hanya genre musik tapi lebih daripada itu adalah sebagai alat perjuangan yang mengusung pembebasan, kesetaraan manusia dan keadilan

0 Response to "Biografi Ras Muhammad"

Posting Komentar